BERBAGI

Banda Aceh – Sebanyak 123 atlet anggar dari 11 kabupaten/kota yang ada di Aceh ikut meramaikan Kejuaraan daerah (Kejurda) Anggar Aceh tahun 2016 yang dilangsung di GOR Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh, Banda Aceh. Kejuaraan yang telah menjadi agenda tahunan Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Aceh ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas pemuda dan olahraga (Dispora) Aceh, Azhari, Sabtu 28 Mei 2016.

Ketua Panitia Kejurda Anggar Aceh 2016, Husaini, dalam laporannya menyebutkan, even “adu pedang” kerjasama IKASI Aceh, Dispora Aceh, dan KONI Aceh ini akan berlangsung hingga 30 Mei nanti.

“Tujuannya kejuaraan ini untuk mencari atlet-atlet berprestasi dari kabupaten/kota untuk persiapan Pra-PON Remaja tahun 2016,” kata Husaini.

Selain itu kata Husaini, kejuaraan tersebut juga sebagai ajang melahirkan atlet-atlet anggar Aceh masa depan untuk melahirkan atlet-atlet senior, sebagai bagian dari regenerasi atlet.

Hal serupa juga disampaikan oleh Sekretaris Dispora Aceh, Azhari. Ia berharap kejuara-kejuaraan daerah seperti yang dilaksanakan oleh IKASI Aceh dapat menjadi motivasi untuk melahirkan atlet-atlet berkualitas.

Sedangkan Bachtiar Hasan, Wakil Ketua I Bidang Organisasi KONI Aceh yang hadir mewakili Ketua Umum KONI Aceh H. Muzakir Manaf, mengingatkan kembali bahwa IKASI Aceh pernah mengharumkan nama Serambi Mekkah di level nasional dengan merebut medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Prestasi itu, kata Bachtiar diharapkan dapat kembali diraih di masa sekarang dan masa mendatang.

Bertekad Kembalikan Kejayaan Anggar Aceh

Ketua Umum (Ketum) IKASI Aceh, Zulfadhli mengatakan, sejak setelah resmi dilantik sebagai Ketum IKASI beberapa waktu lalu, bersama para pengurus pihaknya bertekad untuk mengembalikan kejayaan anggar Aceh. Cita-cita itu bahkan menjadi motto kepengursan IKASI Aceh periode kali ini.

“Ini (Kejurda angggal Aceh 2016) adalah agenda tahunan. Dan kita komit untuk tetap melanjutkan di tahun-tahun berikutknya,” kata Zulfadhli.

Selaku Ketum IKASI, Zulfadhli yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari Partai Aceh ini mengatakan, dirinya akan mendukung setiap kejuaraan-kejuaraan anggar yang diselenggarakan di Aceh. Dari kejuaraan-kejuaraan tersebut nantinya diharapkan akan dapat melahirkan bibit-bibit atlet profesional yang dapat mengharumkan nama Aceh di kancah nasional dan internasional.

“Terimakasih kepada Pemerintah Aceh melalui Dispora Aceh yang telah mendukung program (kejuaraan) ini,” kata Zulfadhli.

Kejurda Anggar Aceh tahun 2016 yang mempertandingkan 20 nomor di empat kategori, yaitu pra kadet, kadet, senior dan junior.

Sedangkan total medali yang diperebutkan berjumlat 80 medali, yaitu 20 medali emas, 20 perak, dan 40 perunggu. Dari 123 peserta, 78 orang diantaranya adalah atlet putra, dan 45 atlet putri.[]

TIDAK ADA KOMENTAR