BERBAGI

BLANGPIDIE – Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bertekad meraih prestasi terbaik di ajang Pekan Olahraga Aceh (PORA) di Kota Jantho, Aceh Besar pada 18 November mendatang.

Khusus untuk cabang olah raga Anggar, Pemkab Abdya mengandalkan Ulva Hayati, atlet anggar asal Abdya yang beberapa waktu lalu berhasil meraih medali perunggu di cabang anggar beregu dalam ajang Kejurnas 2018 di Jakarta.

Mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry ini sejak enam tahun terakhir telah menekuni dunia anggar.

Tak heran, sejak 2012 hingga 2017, atlet anggar kelahiran 8 Agustus 1998 ini meraih belasan medali perunggu dan perak pada ajang Pra Pekan Olahraga Aceh (PORA) dan Kejurda Aceh.

Bahkan, dalam Kejurnas beberapa waktu lalu, atlet kelahiran Pantai Perak Susoh ini, hanya butuh satu tiket untuk masuk seleksi nasional Sea Games 2019.

Namun, langkah Ulva harus terhenti, pasca tidak masuk ke final. Karena yang berhak masuk dan menjadi atlet Pelatnas adalah para peraih emas dan perak. Ketua Cabang Anggar Abdya Suriyanto didampingi Ketua Harian KONI Abdya Venny Kurnia SE dan Sekum KONI Abdya Jufri Yusuf SAg MM kepada sejumlah wartawan mengatakan pihaknya bertekad akan meraih medali emas pada ajang PORA XIII di Aceh Besar.

“Alhamdulillah, Ulva pernah meraih emas, tahun 2013 saat event Kejurnas PPLP,” ujar Ketua Anggar Abdya Suriyanto kepada wartawan, Selasa 13 November 2018.

Dalam kesempatan itu, Suriyanto yang juga pelatih Ulva Hayati mengaku bahwa tekad Ulva menjadi atlet anggar sangat kuat. Dengan alat seadanya pun, ia rela berlatih untuk mengukir prestasi dan mengharumkan nama Abdya.

“Kendala pasti ada, selama ini kita latihan pakai manual. Tapi, baru-baru ini, alhamdulillah, KONI Abdya ada memberikan uang Rp 18 juta, ini sangat membantu dan sudah lumayan bagus,” sebutnya.

Meski begitu, ia mengakui dengan alat yang diberikan untuk persiapan PORA di Aceh Besar tersebut, masih jauh dari standar nasional. “Belum standar nasional, tapi sudah lumayan bagus. Selama ini memang manual,” ungkapnya.

Secara terpisah, Ulva mengaku akan terus berusaha, berlatih untuk mengukir prestasi dalam cabang anggar tersebut. “Insya Allah akan terus berjuang, dan akan terus memberikan medali untuk Abdya dan Aceh,” ujar peraih medali perunggu tingkat senior Pra PORA XIII di Langsa tersebut.[serambinews.com]

 

TIDAK ADA KOMENTAR